Monggo Enter

Sabtu, 04 Desember 2010

MODUL SOSIOLOGI KELAS X


SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU YANG
MENGKAJI HUBUNGAN MASYARAKAT

STANDAR KOMPETENSI
1.  Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma 
     yang berlaku dalam masyarakat

KOMPETENSI DASAR
1.1.   Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan 
        masyarakat dan lingkungan

INDIKATOR
  1. Mendefinisikan pengertian sosiologi
  2. Mengidentifikasi sejarah perkembangan sosiologi
  3. Mendeskripsikan metodologi sosiologi
  4. Mendeskripsikan ruang lingkup sosiologi
  5. Mengidentifikasi konsep realitas social masyarakat
  6. Mengidentifikasi kegunaan sosiologi
  7. Menganalisis hubungan sosiologi dan ilmu-ilmu lainnya

PETUNJUK BELAJAR
  1. Bacalah dengan cermat ringkasan materi dan lengkapi dengan  membaca buku sosiologi lainnya sebagai acuan.
  2. Kerjakan tugas – tugas dengan seksama.

Ringkasan Materi
 


  1. Pengertian Sosiologi

Istilah sosiologi pertama kali dikemukakan oleh ahli filsafat, moralis sekaligus sosiolog berkebangsaan Perancis, Auguste Comte melalui sebuah karyanya yang berjudul Cours de Philosophie Positive. Secara etimologis ( asal kata ) sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Dalam bahasa Romawi ( Latin ) socius berarti teman atau sesama dan logos yang artinya ilmu. Jadi, secara harfiah sosiologi berarti membicarakan atau memperbincangkan pergaulan hidup manusia. Pengertian tersebut akhirnya diperluas menjadi ilmu pengetahuan yang membahas dan mempelajari kehidupan manusia dalam masyarakat.

  1. Sejarah perkembangan sosiologi
              Sosiologi termasuk ilmu yang paling muda dibandingkan dengan ilmu-ilmu social yang ada. Sejak abad pencerahan ( abad ke- 17 M ), terjadi sejumlah perubahan besar di dunia, terutama di Eropa. Akan tetapi perubahan yang revolusioner terjadi sepanjang abad ke-18 M. Perubahan itu dikatakan revolusioner karena dengan cepat struktur/tatanan masyarakat lama berganti dengan struktur yang baru. Revolusi social sepanjang abad ke-18 itu, paling jelas tampak dalam Revolusi Amerika, Revolusi Industri, dan Revolusi Perancis. Ketiga revolusi itu berpengaruh ke seluruh dunia. Gejolak Abad revolusi itu menggugah para ilmuwan pada pemikiran  bahwa perubahan masyarakat harus dapat dianalisis.


              Sejak abad ke-19, sejumlah ilmuwan menyadari perlunya  secara khusus mempelajari kondisi dan perubahan social. Para ilmuwan berupaya membangun suatu teori sosial berdasarkan  ciri-ciri hakiki masyarakat pada tiap tahap peradaban manusia. Untuk membangun teori itu, perhatian mereka tercurah pada      perbandingan masyarakat dan peradaban manusia dari masa ke masa. 
              Ilmuwan yang sampai sekarang diakui sebagai Bapak Sosiologi adalah Auguste Comte. Rintisan Comte mendapat sambutan luas, tampak dari tampilnya sejumlah ilmuwan besar sosiologi antara lain : Pitirin A Sorookin, Herbert Spencer, Karl Marx, Emile Durkheim,George Simmel dan Max Weber.

3.    Metodologi Sosiologi
              Sebagai metode sosiologi menggunakan metode ilmiah dalam       mempelajari gejala-gejala alamiah khususnya gejala kemasyarakatan. Tekhnik dasar dalam metode ilmiah adalah observasi ilmiah atau penalaran. Menurut Paul B Horton tekhnik riset tersebut antara lain :

     a.  Study cross-section dan longitudinal
                   Study cross-section adalah suatu pengamatan yang meliputi suatu daerah yang luas dan dalam jangka waktu tertentu.Sedangkan studi longitudinal adalah suatu studi yang berlangsung sepanjang waktu yang menggambarkan suatu kecenderungan atau serangkaian pengamatan sebelum dan sesudahnya.
         
          b.  Eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan
                        Pada eksperimen laboratorium, subjek orang dikumpulkan di dalam suatui tempat atau laboratorium kemudian diberi pengalaman sesuai dengan yang diinginkan sang peneliti kemudian dicatat dan ditarik kesimpulan-kesimpulan. Penelitian eksperimen lapangan adalah pengamatan yang dilakukan di luar laboratorium di mana peneliti memberikan pengalaman-pengalaman baru kepada objek secara umum kemudian diamati hasilnya.
          c.  Penelitian pengamatan
                        Penelitian ini hampir sama dengan eksperimen, tetapi dalam penelitian ini kita tidak mempengaruhi terjadinya suatu kejadian.
    
     Menurut Soerjono Soekanto, metode yang digunakan adalah :
a.    Metode Kualitatif, yang mengutamakan bahan atau hasil pengamatan yang sukar diukur dengan angka-angka, meskipun kejadian itu nyata dalam masyarakat, antara lain :
1.    Metode histories, adalah metode yang mempergunakan analisis atas peristiwa-peristiwa dalam masa silam untuk merumuskan prinsip-prinsip umum.
2.    Metode Komparatif, adalah metode yang mementingkan perbandingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang-bidangnya untuk mengetahui perbedaan, persamaan,dan sebab-sebabnya.
3.    Metode studi kasus, adalah metode pengamatan tentang suatu keadaan, kelompok, masyarakat setempat, lembaga maupun individu.

b.    Metode Kuantitatif, yang mengutamakan bahan keterangan dengan      angka-angka sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan      menggunakan skala, indeks dan formula. Antara lain :


1.  Metode deduktif, yaitu metode yang dimulai dari hal-hal yang berlaku umum untuk menarik kesimpulan yang khusus.

2.  Metode induktif, yaitu metode yang mempelajari suatu gejala khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum.
3.  Metode empiris, yaitu suatu metode yang mengutamakan keadaan-keadaan nyata di dalam masyarakat.
4.  Metode rasional, yaitu suatu metode yang mengutamakan penalaran dan logika akal sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah kemasyarakatan.
5.  Metode fungsional, yaitu metode yang dipergunakan untuk menilai kegunaan lembaga-lembaga social masyarakat dan struktur social masyarakat.

              Untuk mempelajari sesuatu, sebaiknya dmulai dengan membuat asumsi tentabg sifat-sifat objek yang akan dipelajari. Asumsi-asumsi ini disebut perspektif atau paradigma, yaitu suatu cara memandang atau cara memahami gejala tertentu menurut keyakinan kita. Di dalam sosiologi terdapat beberapa perspektif sebagai berikut :

1.  Perspektif Evolusionis
     Paradigma utama dalam sosiologi yang memusatkan perhatian pada pola perubahan dan perkembangan yang muncul dalam masyarakat yang berbeda untuk mengetahui urutan umum yang ada.
2.  Perspektif Interaksionis
     Memusatkan perhatian pada interaksi antara individu dengan kelompok, terutama dengan menggunakan simbol-simbol, antara lain tanda, isyarat dan kata-kata baik lisan maupun tulisan.
3.  Perspektif Fungsionalis
     Melihat masyarakat sebagai suatu jaringan kelompok yang bekerja sama secara terorganisir dan memiliki seperangkat atauran dan nilai yang dianut oleh sebagian besar anggotanya. Masyarakat dipandang sebagai sesuatu yang stabil dengan kecenderungan ke arah keseimbangan, yaitu untuk mempertahankan sistem kerja yang selaras dan seimbang. Kelompok atau lembaga melaksanakan tugas tertentu secara terus menerus sesuai dengan fungsinya.
4.  Perspektif Konflik
     Memandang adanya pertentangan antar kelas dan eksploitasi kelas di dalam masyarakat sebagai penggerak utama kekuatan-kekuatan dalam sejarah. Masyarakat terikat karena ada kekuatan dari kelompok kelas yang dominan. Kelompok ini menciptakan suatu konsensus untuk melaksanakan nilai-nlai dan peraturan mereka terhadap semua orang.




EVALUASI

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d,atau e sebagai jawaban yang tepat !
1.  Kata socius yang merupakan asal kata sosiologi diartikan sebagai ….
     a. lawan                                                   d. saudara
     b. musuh                                                  e. keluarga
     c. teman
2.  Pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ….
     a. anatomi manusia                                    d. kebudayaan manusia
     b. kehidupan manusia dalam masyarakat       e. kesehatan manusia
     c. asal usul manusia

3.  Seorang filusuf Prancis yang dijuluki sebagai Bapak Sosiologi adalah ….
     a. Herbert Spencer                                     d. Roucek dan Warren
     b. Auguste Comte                                      e. Pitirin A. Sorokin
     c. Max Weber
4.  Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dengan kelompok-
     kelompok. Hal itu merupakan definisi sosiologi menurut pendapat ….
     a. Koentjaraningrat                                     d. Pitirin A.Sorokin
     b. Roucek dan Warren                                e. Selo Soemarjan
     c. William F. Ogburn
5.  Sosiologi termasuk kelompok ilmu-ilmu social. Sosiologi sebagai ilmu baru muncul
     pada abad ke ….
     a. 13                                                        d. 17
     b. 15                                                       e. 19
     c. 16
6.  Faktor utama yang mendorong kelahiran ilmu sosiologi adalah ….
     a. Hilangnya masyarakat agraris di Eropa        d. Peperangan antar Negara Eropa
     b. Perubahan pada masyarakat Eropa            e. Kekuasaan Islam di Eropa
     c. Ilmu social lainnya gagal menyelesaikan masalah social.
7.  Revolusi Industri pada masyarakat Inggris ditandai oelh ….
     a. Masyarakat agraris berangsur-angsur menjadi masyarakat induustri
     b. kekuasaan para raja berangsur-angsur terkikis
     c. sifat feodal dan gerejani semakin mewarnai kehidupan masyarakat Inggris
     d. terjadi penemuan-penemuan dalam bidang IPTEK
     e. muncul golongan penguasa baru yang disebut golongan kapitalis
8.  Gagasan radikal yang menyertai perubahan-perubahan pada Revolusi Perancis yang
     disuarakan golongan menengah adalah ….
     a. kritik tentang pemotongan hak-hak
     b. persamaan hak
     c. peningkatan kesejahteraan
     d. keadilan dan kesamaan
     e. kemiskinan
9.  Tekhnik atau metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto adalah metode ….
     a. histories, komparatif, dan fungsional
     b. deduktif-induktif, empiris, dan rasional
     c. komparatif, studi kasus, dan studi deduktif-induktif
     d. fungsional, empiris, dan rasional
     e. historis, komparatif, dan studi kasus
10. Berikut ini adalah tekhnik-tekhnik sosiologi menurut Paul B. Horton, kecuali ….
     a. study cross-section
     b. eksperimen laboratorium
     c. penelitian pengamatan
     d. tekhnik kuantitatif
     e. study longitudinal
11. Perspektif fungsionalis memandang masyarakat....
     a. sebagai jaringan kelompok yang bekerjasama dengan aturan dan nilai tertentu
     b. mengalami perkembangan dan perubahan yang berbeda satu sama lain
     c. Mengalami konflik antar kelas
     d. berinteraksi dengan simbol-simbol
     e. memberikan pengalaman-pengalaman baru kepada objek
12. Fenomena yang muncul sebagai dampak dari kesenjangan sosial antara kaumburuh dan
     pengusaha pada akhir abad pertengahan adalah ....
     a. pengangguran                                        b. pertumbuhan kota-kota
     c. kemiskinan                                            d. urbanisasi
     e. pertentangan kelas
13. Pembagian kerja yang berkembang pada masyarakat tidak menyebabkan disintegrasi
     masarakat, tetapi justru meningkatkan solidaritas. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
     a. Karl Marx                                              b. Herbert Spencer
     c. Max Weber                                            d. Auguste Comte
     e. Emile Durkheim
14. Sumbangan Karl Marx terhadap perkembangan sosiologi adalah teori tentang ….
     a. Tahap-tahap perkembangan masarakat      b. perubahan-perubahan sosial
     c. tipe-tpe solidaritas                                  d. bentuk-bentuk organisasi sosial
     e. perjuangan kelas sosial
15. Munculnya kapitalisme menurut Max Weber disebabkan oleh ....
     a. terbentuknya golongan penguasa
     b. ditemukan berbagai alat industri
     c. masyarakat Eropa tidak lagi agraris
     d. pembagian kerja yang semakin jelas pada masyarakat
     e. munculnya sekte calvinisme dalam agama Protestan
16. Tipe solidaritas yang didasarkan pada persamaan adalah disebut solidaritas ....
     a. mekanis                                                         b. metafisis
     c. orgains                                                 d. superorganis
     e. anorganis
17. Revolusi Perancis gagal dalam menuju ketertiban dan masyarakat baru, sebab ....
     a. orang-orang menciptakannya dengan azas-azas yang berasal dari masarakat tahap
         metafisis
     b. azas-azas tahap positif belum dapat diterapkan pada masyarakat Perancis  saat itu
     c. hukum positif Auguste Comte tidak diakui oleh para ilmuwan pada wakti itu
     d. tidak ada metode yang dapat diandalkan dalam menuju masyarakat masyarakat baru
     e. reaksi masyarakat pada tahap teologis sangat besar
18. Memandang adanya pertentangan antar kelas dan eksploitasi kelas di dalam masyarakat
     sebagai penggerak utama kekuatan-kekuatan dalam sejarah, merupakan pandangan dari
     perspektif ....
     a. evolusionis                                            b. interaksionis
     c. fungsionalis                                            d. konflik
     e. historis
19. Sosiologi sangat berguna bagi pembangunan, karena dapat ....
     a. mengolah data secara terperinci tentang keadaan masyarakat
     b. mengembangkan pengetahuan secara objektif dan rasional
     c. mencari pemecahan masalah dari kondisi suatu masyarakat
     d. memberikan data sosial yang diperlukan dalam pengelolaan pembangunan
     e. menganalisis dampak yang ditimbulkan pembangunan dari sudut iptek
20. Dalam penelitian, sosologi berguna untuk membantu ....
     a. mencari pemecahan masalah sosial dengan baik
     b. mengumpulkan data untuk kegiatan penelitian lanjutan
     c. membicarakan fakta-fakta yang berkembang di masyarakat
     d. menafsirkan apa yang terjadi d masyarakat
     e. menghentikan permusuhan antar etnis ang sedang berlangsung
B.  Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !
     1.  Sebutkan dan jelaskan dua metode yang digunakan oleh sosiologi untuk
          mengatasi masalah social ! 
          ………………………………………………………………………………………………………………
          ………………………………………………………………………………………………………………
          ………………………………………………………………………………………………………………
2.  Jelaskan mengapa Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi !
.................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................
3.    Jelaskan peranan Herbert Spencer dalam pengembangan sosiologi !
.................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................
4.    Jelaskan pengertian sosiologi secara etimologis !
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
5.  Jelaskan definisi sosiologi menurut Selo Sumarjan dan Sulaeman Soemardi !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
6.  Jelaskan latar belakang lahirnya sosiologi di daratan  Eropa !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
7.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan sosiologi !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
8.    Jelaskan apakah sebenarnya manfaat kita belajar sosiologi !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
9.    Jelaskan mengapa Auguste Comte disebut sebagai bapak sosiologi !
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
10. Jelaskan apa maksudnya Sosiologi sebagai ilmu dan sosiologi sebagai metode ?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Catatan :                                                       Nilai :                     Paraf guru :
………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
 






4.      Ruang lingkup sosiologi

a.    Hakikat sosiologi antara lain :
1.      Sosiologi merupakan ilmu social
2.      Sosiologi bukan disiplin ilmu yang normative, melainkan kategoris.
3.      Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan murni.
4.      Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak dan bukan konkret.
5.      Sosiologi bebrtujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola umum.
6.      Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan empiris dan rasional.
7.      Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum, bukan ilmu pengetahuan yang khusus.
b.    Ciri – ciri utama sosiologis :
1.    Bersifat empiris karena didasarkan pada pengamatan (observasi) terhadap kenyataan social dan hasilnya tidak spekulatif.
2.    Bersifat teoritis artinya selalu berusaha untuk menyusun kesimpulan dari hasil observasi untuk menghasilkan keilmuan.
3.    Bersifat kumulatif artinya teori dalam sosiologi dibentuk atas dasar teori yang sudah ada, diperbaiki, diperluas, serta diperdalam
4.    Bersifat non-etis, artinya tidak mempersoalkan baik-buruknya fakta, yang penting menjelaskan fakta tersebut secara analisis dan apa adanya.

c.  Objek studi sosiologi :
                 Objek studi sosiologi adalah masyarakat, dengan menyoroti hubungan antar manusia dan proses sebab-akibat yang ditimbulkan dari hubungan tersebut.

5.  Konsep-konsep realitas social masyarakat
          Realitas social budaya mengandung arti kenyataan-kenyataan social budaya di sekitar lingkungan masyarakat tertentu. Misalkan , di jalan raya kamu melihat orang berlalu-lalang, baik yang mengendarai kendaraan bermotor atau para pejalan kaki. Sementara itu kamu melihat segerombolan anak sekolah berjalan menuju kesekolah masing-masing, sementara itu telah terjadi kecelakaan lalu lintas sehingga mengundang perhatian orang dan terbentu kerumunan untuk dapat menyaksikan peristiwa tersebut.  Contoh tersebut dikenal sebagai realitas social di masyarakat. Sebagai kumpulan mahluk yang dinamis, kita senantiasa menemukan realitas-realitas social dalam masyarakat.
          Masyarakat terbentuk karena manusia-manusia menggunakan pikiran, perasaan dan keinginannya dalam memberikan reaksi terhadap lingkungannya. Hal ini terjadi karena manusia mmpunyai dua kinginan pokok yaitu, keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lainnya dan keinginan untuk menyatu dengan lingkungan alamnya.
          Untuk terbentuknya suatu masyarakat paling sedikit harus terpenuhi tiga unsur berikut :
1.    Terdapat sekumpulan orang
2.    Berdiam atau bermukim di suatu wilayah dalam waktu relatif lama
3.    Akibat dari hidup bersama dalam jangka waktu yang lama itu menghasilkan kebudayaan berupa sistem nilai, siatem lmu pengetahuan dan kebudayaan kebendaan.






v  Masyarakat sebagai system social
              Masyarakat berasal dari bahasa Arab, yaitu syaraka yang berarti ikut serta atau berpartisipasi. Sedangkan dalam bahasa Inggris masyarakat adalah societi yang pengertiannya mencakup interaksi social, perubahan social dan rasa kebersamaan.
·         Sistem social
          Adalah suatu system yang terdiri dari elemen-elemen social yang terdiri dari ; tindakan social yang dilakukan individu yang berinteraksi satu dengan lainnya dan bersosialisasi sehingga tercipta hubungan-hubungan sosial. Keseluruhan hubungan sosial tersebut membentuk struktur sosial dalam kelompok maupun masyarakat yang akhirnya akan menentukan corak masyarakat tersebut.

·         Struktur sosial
          Struktur sosial mencakup susunan status dan peran yang terdapat di dalam satuan sosial, ditambah nilai-nilai dan norma-norma yang mengatur interaksi antar status dan peran sosial. Didalam struktur sosial terdapat unsur-unsur sosial, kelompok-kelompok sosial dan lapisan-lapisan sosial. Unsur-unsur sosial terbentuk, berkembang, dan dipelajari oleh individu dalam masyarakat melalui proses sosial. Proses sosial adalah hubungan timbal balik antara bidang-bidang kehidupan dalam masyarakat dan memahami norma-norma yang berlaku.

v  Organisasi Sosial

                   Organisasi sosial adalah cara-cara perilaku masyarakat yang terorganisir secara sosial. Dengan kata lain, organisasi sosial merupakan jaringan hubungan antar warga masyarakat yang bersangkutan di dalam suatu tempat dan dalam waktu yang relatif lama. Di dalam organisasi sosial terdapat unsur-unsur seperti kelompok dan perkumpulan, lembaga sosal, peranan dan kelas-kelas sosial.
                   Kelompok sosial adalah kumplan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.

          Klasifikasi kelompok sosial menurut Robert Bierstedt :

          a.  kelompok sosial yang teratur:
              1.  in-group dan out-group
                   In-group adalah kelompok sosial dimana individu mengidentifikasi dirinya dalam kelompok tersebut, biasa disebut dengan ”kita”. Sifat in-group biasanya didasarkan pada faktkor simpati dan kedekatan dengan anggota kelompok. Out-group adalah kelompok yang diartikan oleh individu sebagai lawan in-groupnya, biasanya dikenal dengan “mereka”.

              2.  kelompok primer dan sekunder
                   Menurut Cooley kelompok primer adalah kelompok kecil yang anggotanya memiliki hubungan dekat, personal, dan langgeng, contohnya keluarga. Sedangkan kelompok sekunder adalah kelompok yang lebih besar, bersifat sementara, dibentuk untuk tujuan tertentu dan hubungan antar anggota bersifat impersonal sehingga biasanya tidak langgeng, misalnya, kesebelasan sepak bola.

              3.  paguyuban (gemeinschaft) dan patembayan (gesselschaft)
                   Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama yang anggotanya terikat oleh hubungan batin murni dan bersifat alamiah serta kekal. Hubungannya didasari oleh rasa cinta dan rasa kesatuan batin yang telah ditakdirkan. Bentuk ini dapat ditemui dalam keluarga, kelompok kekerabatan. Paguyuban mempunyai ciri-ciri hubungan akrab, bersifat pribadi dan eklusif.

                   Menurut Ferdinand Tonnies, di masyarakat selalu dijumpai salah satu dari tiga tipe paguyuban, yaitu :
a.  Paguyuban karena ikatan darah, seperti keluarga, kekerabatan, kesukuan,dan lain-lain.
b.  Paguyuban karena tempat, seperti rukun tetangga, rukun warga, dan lain-lain.
c.   Paguyuban karena pikiran/ideologi, seperti pergerakan mahasiswa, parta politik, dan lain-lain.

                   Patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya hanya untuk jangka waktu yang pendek. Patembayan bersifat sebagai suatu bentuk yang ada dalam pikiran belaka,misalnya, ikatan antar pedagang, interaksi melalui internet.
              4.  kelompok formal dan informal
                   Formal group adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggotanya untuk mengatur hubungan antar sesamanya. Contohnya, birokrasi, perusahaan, negara.
                   Informal group adalah kelompok yang tidak mempunyai struktur yang pasti, terbentuk karena pertemuan yang berulang-ulang sehingga terjadi pertemuan kepentingan dan pengalaman. Contohnya, klik (ikatan kelompok terdekat atau pertemanan).
              5.  Membership group dan Reference group
                   Membership group adalah suatu kelompok dimana setiap orang secara fisik menjadi anggotanya.
                   Reference group adalah kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang untuk membentuk kepribadian dan perilakunya.
          b.  Kelompok sosial yang tidak teratur yaitu, kerumunan dan publik.
              Kerumunan (crowd) adalah individu-individu yang berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan pada waktu yang bersamaan.
              Publik adalah orang-orang yang berkumpul yang mempunyai kesamaan kepentingan.

v  Lembaga / Pranata Sosial.
                   Lembaga adalah suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang dianggap penting.
          Tipe-tipe lembaga antara lain :
          a.  Dari perkembangannya, yaitu Cresive institution dan enactec institution
          b.  Dari sistem nilai yang diterima masyarakat, yaitu Basic institution dan subsidiar institution
          c.  Dari penerimaan masyarakat, yaitu approved / sanctioned institution dan unsanctioned insttution
          d.  Dari penyebarannya, yaitu general institution dan restricted institution
          e.  Dari fungsinya, yaitu operative institution dan regulative institution




v Peranan
                   Peranan adalah pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai dengan kedudukannya.
                  
v  Dinamika Sosial
              Dinamika sosial adalah penelaahan tentang perubahan-perubahan yang terjadi didalam fakta-fakta sosial yang saling berhubungan satu dengan lainnya, meliputi pengendalian sosial, penyimpangan sosial, mobilitas sosial, dan perubahan sosial.
              Pengendalian sosial disebut juga pengawasan sosial yaitu segenap cara dab proses yang ditempuh oleh sekelompok orang atau masyarakat sehingga para anggotanya dapat bertindak sesuai dengan harapan kelompok atau masyarakat itu.
              Penyimpangan sosial merupakan perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan diluar batas toleransi.


              Mobilitas sosial meliputi peristiwa sosial di mana individu atau kelompok bergerak atau berpindah dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial lainnya, baik gerak ke lapisan yang lebih tinggi maupun ke lapisan yang lebih rendah dalam suatu hirarki sosial.
              Perubahan sosial menyangkut nlai-nlai, norma-norma sosial, pola perlaku organsasi, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial dan sebagainya.

v  Masalah Sosial
              Masalah sosial adalah gejala atau fenomena sosial yang tidak sesuai antara apa yang dikehendaki masyarakat dengan apa yang terjadi. Beberapa masalah sosial penting yang sering muncul dalam kehidupan di masyarakat diantaranya; kemiskinan, kejahatan, disorganisas keluarga, masalah remaja, peperangan, pelanggaran norma, masalah kelainan seksual dan masalah kependudukan.
    
                  


















EVALUASI

A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d,atau e sebagai jawaban yang tepat !
1.     Faktor utama yang mendorong kelahiran ilmu sosiologi adalah ….
       a.  Hilangnya masyarakat agrars di Eropa
       b.  Perubahan-perubahan pada masyarakat Eropa
       c.  Peperangan antar negara ropa
       d.  Kekuasaan Islam semakin kuat diEropa
     ` e.  Ilmu sosial lainnya gagal menyelesaikan masalah sosial
2.     Revolusi industri pada masyarakat Inggris ditandai oleh ....
       a.  masyarakat agraris berangsur-angsur menjadi masyarakat industri
       b.  kekuasaan para raja berangsur-angsur terkikis
       c.  sifat feodal dan gerejani semakin mewarnai kehidupan masyarakat Inggris
       d.  terjadi penemuan-penemuan dalambidang IPTEK
       e.  muncul golongan-golongan penguasa baru yang disebut golongan kapitals
3.     Masyarakat adalah orang-orang yang ….
       a.  menderita ketegangan emosi
       b.  diorgansasikan mengikuti cara hidup tertentu
       c.  hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan
       d.  tersebar dengan perasaan persatuan yang sama
       e.  bertalian dan saling pengaruhi secara kebatinan
4.     Di dalam sistem sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial disebut pula ....
       a.  kaidah sosial                                    b.  unsur pokok
       c.  ciri-ciri umum                                   d.  gejala umum
       e.  kenyataan umum
5.     Kriteria yang menentukan apakah suatu masalah dianggap sebagai masalah sosial atau bukan tergantung pada ....
       a.  sumber masalah                               b.  banyaknya anggota yang melakukan
       c.  tingkat kesejahteraan masyarakat        d.  akibatnya bagi ketertiban
       e.  nilai-nilai yang dianut masyarakat
6.     Berikut ini manakah yang merupakan masalah sosial ....
       a.  panen tidak berhasil karena banjir
       b.  jembatan yang dipenuhi warga tiba-tiba ambruk
       c.  tabrakan beruntun di jalan tol
       d.  penemuan baru yang menggemparkan dunia
       e.  jumlah rakyat miskin yang terus bertambah
7.     Yang tidak termasuk ke dalam pembahasan dinamika sosial adalah ....
       a.  penyimpangan sosial                         b.  perubahan sosial
       c.  tindakan sosial                                 d.  mobilitas sosial
       e.  pengendalian sosial
8.     Tujuan sosiologi adalah meningkatkan daya dan kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Tujuan ini dapat dicapai dengan cara ....
       a.  mengembangkan pengetahuan objektif mengenai gejala masyarakat yang dapat dimanfaatkan secara efektif                                                
       b.  mempelajari sejarah perkembangan manusia dan penyebarannya dalam masyarakat tertentu
       c.  mempelajari dasar-dasar kebudayaan dari setiap etnis yang ada di muka bumi
       d.  mengadopsi seluruh budaya asing dan dijadkan sumber pengetahuan baru
       e.  mencari suatu cara yang sistematis agar dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar

9.     Masalah sosial adalah masalah yang menyangkut pemahaman terhadap ....
       a.  sosialisasi                                        b.  tindakan-tindakan sosial
       c.  fakta sosial pada masyarakat primitif   d.  masyarakat yang dinamis
       e.  tindakan dan masalah sosial
10.   Konsekwensi sosiologi sebagai ilmu masyarakat adalah bahwa ilmu ini mempelajari tentang ....
       a.  struktur, proses, dan perubahan lingkungan hidup
       b.  populasi dan proses perubahan suatu komunitas
       c.  norma, kaidah, dan kebudayaan suatu masyarakat
       d.  struktur, proses, dan perubahan-perubahan sosial
       e.  ksejahteraan, penghasilan,dan jumlah penduduk
11.   Suatu kesatuan atau susunan status, peranan, dan tata aturan yang mengatur interaksi antara status dan peranan dinamakan ....
       a.  sistem sosial                                    b.  tindakan sosial
       c.  gejala sosial                                     d.  Khayalan sosiologis
       e.  masalah sosial
12.   Pada prinsipnya kelompok sosial adalah ....
       a.  orang-orang yang mempunyai identitas yang sama
       b.  orang-orang yang mempunyai kerjasama dalam pemenuhan kebutuhan
       c.  kumpulan data-data orang yang mempunyai nasib yang sama
       d.  sejumlah orang yang saling berhubungan secara teratur
       e.  himpunan kegemeran yang bersifat sementara
13.   Perbedaan keanggotaan antara kelompok primer dan kelompok sekunder adalah ....
       a.  jumlah anggotanya variatif
       b.  kelompok primer anggotanya banyak
       c.  kelompok sekunder anggotanya sedikit
       d.  kelompok primer anggotanya lebih kecil
       e.  kelompok sekunder anggotanya bervariatif
14.   Berikut ini jenis kelompok sosial yang sifatnya sementara, yaitu ....
       a.  orang-orang dalam satu lingkungan RT yang sedang kerja bakti
       b.  Orang-orang berdemontrasi menuntut upah dinaikkan
       c.  Orang-orang berkerumun melihat kecelakaan lalu lintas
       d.  anggota OSIS mengadakan lomba
       e.  para nasabah bank sedang antri
15.   Berikut ini adalah contoh kelompok informal ....
       a.  asosiasi                                          b.  kelompok pengusaha
       c.  ikatan dokter indonesia                      d.  klik
       e.  partai politik
16.   Perbedaan sifat hubungan pada kelompok primer dan kelompok sekunder adalah ....
       a.  kelompok primer bersifat tetap, para anggota berada bersama dalam waktu relatif lama
       b.  kelompok sekunder bersifat tetap, kebersamaan para anggota terjadi dalam waktu yang lama
       c.  kelompok sekunder bersifat sementara dan para anggota kelompok terjad dalam waktu relatif lama
       d.  kelompok primer bersifat sementara dan para anggota berada bersama dalam waktu yang relatif pendek
       e.  baik kelompok primer maupun sekunder memiliki sifat huungan yang rasional
17.   Berikut ini contoh kelompok sosial bedasarkan keturunan, kecuali ....
       a.  suku                                               b.  kerabat
       c.  marga                                            d.  paguyuban
       e.  klan

18.   Perbedaan gemeincshaft dengan gesselcshaft pada tingkat hubungan antar angotanya, adalah ....
       a.  pada gemeincshaft hubungan antar anggotanya, erat
       b.  pada gesselcshaft hubungan antar anggotanya erat
       c.  pada gemeincshaft hubungan antar anggotanya biasa saja
       d.  pada geeelcshaft hubungan antar anggotanya membanggakan
       e.  pada gemeincshaft maupun gessekcshaft hubungan antar anggotanya kurang baik
19.   Pembentukan kelompok sosial berdasarkan darah dan keturunan yang sama (common ancestry) , yaitu ....
       a.  kelompok tani, kelompok nelayan
       b.  kelompok seniman, kelompok olahragawan
       c.  ikatan keluarga betawi, keluarga besar minang
       d.  kelompok keturunan Arab, kelompok keturuna Cina
       e.  kelompok tani, kelompok keturunan Cina
20.   Berikut ini kelompok sosial yang memiliki ikatan primordial tinggi adalah ....
       a.  sekolah umum                                 b.  kegemaran mobil
       c.  partai politik                                    d.  bonek surabaya
       e.  IDI Jakarta
B.    JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN JELAS DAN BENAR !
1.     Jelaskan apa sebenarnya manfaat kita belajar sosiologi ?
         ................................................................................................................
    ...............................................................................................................
    ................................................................................................................
2.     Apa tujuan sosiologi ?
       ................................................................................................................
       ................................................................................................................
       ................................................................................................................
3.     Sebutkan dan jelaskan dua kegunaan sosiologi !
       ................................................................................................................
       ................................................................................................................
       ................................................................................................................
4.     Apa yang menjadi ruang lingkup sosologi !
       ................................................................................................................
       ................................................................................................................
       ................................................................................................................
5.     Salah satu kegunaan sosiologi adalah untuk pembangunan. Pada tahap penilaian harus dilakukan analisis terhadap efek atau dampak sosial dari pembangunan. Mengapa demikian, jelaskan !
       ................................................................................................................
       ................................................................................................................
       ................................................................................................................
C.    KEGIATAN

       Buatlah klipping berita dari berbagai media massa yang dapat menjadi objek penyelidikan sosiologi dan jelaskan alasanmu memilih berita – berita itu !
      
Catatan :                                                                 Nilai :              Paraf Guru :

……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
 





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar